Kamis, 04 September 2014

Tugas 2 SIMDIG



Tugas 2 SIMDIG
Dalam tugas ini, Anda diminta membuat kelompok yang terdiri atas 3 orang. Bayangkan kelompok Anda merupakan pegawai sebuah perusahaan yang berdomisili di Jakarta.

Pada suatu waktu pimpinan perusahaan meminta kelompok Anda untuk memperluas jaringan perusahaan ke negara lain, memperkenalkan perusahaan Anda, dan meyakinkan perusahaan calon mitra usaha di negara lain tersebut untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda. Sebagai seorang karyawan, Anda dituntut untuk bekerja dalam waktu yang cepat, tepat, dan tanpa mengeluarkan dana yang tidak perlu.

1.         Silakan menentukan nama perusahaan, produk, dan negara asal perusahaan Anda?
Jawab :
NAMA PERUSAHAN     : ESTEEM Bag Indonesia
PRODUK                            : Ransel
NEGARA ASAL                : Indonesia
2.         Buatlah media promosi sederhana mengenai perusahaan Anda, media dapat berupa tulisan, brosur, maupun paparan.
Jawab :



3.         Tuliskan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh kelompok Anda untuk mendapatkan mitra usaha di luar Indonesia.
Jawab :
                      Langkah langkah yang akan kami lakukan untuk mendapatkan mitra usaha di luar Indonesia melalui pertemuan (meeting) yang dilakukan dengan perusahaan lain, dalam pertemuan tersebut kami akan mempresentasikan hal hal penting mengenai produk yang kami buat.
                      Selain itu, kami juga membuat brosur untuk dibagikan kepada perusahaan lain. Brosur tersebut bisa dikirim melalui email atau jejaring sosial. Dengan memanfaatkan jaringan sosial itu , maka seluruh dunia akan mengetahui spesifikasi produk yang kami ciptakan.
4.         Silakan berdiskusi dan rangkum dalam file paparan mengenai hal-hal berikut.
a.    Sebutkan paling tidak 3 jenis dan metode komunikasi yang dapat Anda gunakan, sebutkan kelebihan dan kelemahan masing-masing jenis dan metode.
Jawab :
1)      Komunikasi Lisan (suara)
   Dalam metode ini kami akan mengadakan pertemuan pertemuan atau meeting dengan perusahaan lain, dimana dalam meeting atau pertemuan tersebut kami akan memaparkan atau menjelaskan hal hal penting mengenai produk yang kami ciptakan. Dalam mengenalkan produk yang kami ciptakan, kami membuat sebuah file paparan atau presentasi yang menurut kami dapat mempermudah dalam proses pengenalan atau pemaparan produk kami.
   Ada beberapa keuntungan yang dimiliki jika kita menggunakan metode komunikasi dengan lisan :
  •  Umpan balik dapat diterima secara langsung. 
  •  Pendengar dapat menanyakan bila belum jelas. 
  •  Pesan dapat diekspresikan
  • Dapat menarik perhatian yang banyak sekaligus.
Ada juga beberapa kerugian dari komunikasi lisan ini yaitu :
  • Membutuhkan waktu yang lama sampai konsumen benar-benar percaya
  • Terkadang tidak membuahkan hasil karena beberapa faktor diantaranya barang yang kurang menarik, perlakuan kita yang mungkin kurang sopan (seperti tidak  berbahasa) dll
  • Membutuhkan biaya yang cukup besar

2)      Komunikasi tulisan
   Dalam metode ini, kami dapat mengenalkan atau mempromosikan produk kami melalui surat kabar, majalah, brosur atau jenis jenis media massa yang lainnya. Kami juga dapat menampilkan gambar dan keterangan mengenai kelebihan produk kami. Selain melalui media massa, dalam metode ini juga dapat dilakukan melalui jejaring social dalam internet.
Beberapa keuntungannya :
§  Dapat disimpan
§  Dapat direncanakan dengan lebih matang
§  Semuanya seragam
§  Jangkauan yang dicapai luas
§  Biaya relatif murah
Beberapa kerugiannya :
§  Membutuhkan banyak kertas
§  Ekspresi yang digambarkan kurang menarik
§  Feedback tidak diterima secara langsung

3)      Metode Audio Visual
Dalam metode ini, kami memanfaatkan gambar bergerak dengan audio yang mengiringi atau yang sering disebut dengan video yang berisikan tentang pengenalan fitur fitur yang ada pada produk kami

b.    Silakan berdiskusi dengan anggota kelompok, seberapa pentingkah komunikasi daring terhadap kemajuan teknologi saat ini, berikan buktinya.
Jawab :
Sangat penting :
1)      Dalam bidang ilmu.
Dengan adanya komunikasi dalam jaringan, setiap orang dapat bertukar pikiran dari jarak yang jauh tanpa harus bertemu dengan pihak yang bersangkutan dan tanpa memakan waktu yang lama.
2)      Dalam bidang budaya
Semua budaya yang ada didunia akan lebih mudah untuk dipelajari melalui komunikasi daring, dimana kita dapat mengakses atau menonton budaya budaya asing tanpa datang ke daerah asal budaya tersebut yang jauh dan memakan waktu yang lama. Selain itu, setiap pengguna komunikasi daring juga dapat berinteraksi langsung dengan orang orang diluar Negaranya hanya dengan jejaring social yang tersedia seperti facebook, line, kakaotalk, dan masih banyak yang lain.
3)      Dalam bidang usaha
Dalam bidang usaha, komunikasi juga mempunyai manfaat yang sangat penting, yaitu dalam hal promosi, komunikasi daring dapat membantu mengenalkan produk yang dipromosikan ke seluruh dunia, sehingga produk akan berpeluang besar mendapatkan konsumen yang banyak.
Secara umum, komunikasi daring dapat membuat segala sesuatu lebih efisien, tanpa membuang-buang waktu dan mungkin biaya. Banyak sekali informasi dan keuntungan lainnya dari komunikasi daring
c.    Berdasarkan fakta dan perkembangan teknologi saat ini, seperti apakah bentuk dan teknologi komunikasi daring pada masa yang akan datang?
Jawab :
Menurut kami, seiring berkembangnya zaman teknologi akan semakin maju pula, begitupun dengan komunikasi dalam jaringan (komunikasi daring) juga terus berkembang dan semakin mudah untuk diakses dan menghubungkan satu orang dengan yang lainnya dengan lebih cepat dan mudah.
Seperti contohnya beberapa aplikasi baik dalam ponsel maupun gadget lainnya yang memudahkan semua orang dalam berkomunikasi sampai ke seluruh belahan dunia bahkan bias saling bertatap muka dengan biaya yang relatif terjangkau.
Kami yakin di masa mendatang komunikasi daring akan semakin berkembang bahkan masyarakat di pelosok daerah pun dapat mengaksesnya dengan mudah sehingga mempermudah komunikasi antara orang satu dengan yang lainnya.
                                                                  

9 komentar:

  1. makasi, sangat membantu dalam mengerjakan tugas simdig...

    BalasHapus
  2. HATUR NUHUN KAKAKπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™TERIMA kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak kak Alhamdulillah ini yang saya cari

    BalasHapus
  4. Makasih KakπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  5. Di sekolah ada tugas soalnya sama persis dengan ini, mungkin guru saya copas soal ini, makasih yg memposting:)

    BalasHapus