Tugas 4
1.
Apakah yang dimaksud dengan komunikasi daring asinkron
?
Jawab:
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron
adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.
Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi
visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
2. Apakah
yang dimaksud dengan CC, BCC, Subject, dan Spam ?
Jawab :
§ CC ( Carbon Copy ) : daftar
Penerima pesan yang dapat dilihat oleh penerima lain. Sehingga penerima satu
dapat melihat siapa saja yang mendapat kiriman email yang sama.
§ BCC ( Blind Carbon Copy )
: Penerima pesan tidak akan tahu siapa saja orang yang mendapat kiriman
email sama.
§ Subject : sebuah
judul/tema pada sebuah email yang akan dikirim.
§ Spam : folder/pesan yang
tidak penting.
3. Tuliskan
hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman email.
Jawab :
Hal
Hal yang harus diperhartikan dalam mengirim email :
a.
Perhatikan subjek e-mail Hindari menuliskan subjek dengan
satu kata atau bahkan tanpa subjek, karena tidak bisa mendeskripsikan isi
email. Untuk urusan pekerjaan, lebih baik pilih subjek singkat namun tetap
jelas, supaya penerima e-mail bisa mengerti apa yang menjadi inti dari surat
Anda tersebut dan langsung membukanya.
b.
Seringkali, subjek e-mail yang tidak jelas membuat orang
tidak mau membuang waktu untuk membukanya dan langsung memindahkannya ke trash.
Gambar dan warna tulisan Font atau bentuk tulisan yang tidak standar, ditambah
warna, dan gambar bisa memusingkan orang yang akan membaca e-mail Anda. Lebih
baik pilih warna standar dan jika ada poin yang ingin ditegaskan, gunakan
penebalan kata atau bold. Hindari pula menggunakan terlalu banyak tanda baca,
seperti tanda seru dan tanda tanya. CC semua orang Jika ingin menggunakan CC,
pilih orang-orang yang memang berkepentingan untuk menerima e-mail tersebut.
c.
Saat membalas e-mail, Anda juga harus perhatikan apakah
ingin reply to all (membalas ke semua orang yang di-CC) atau hanya membalas ke
si pengirim. Bahasa profesional bukan personal Saat berbicara dengan atasan dan
rekan kerja, tetap usahakan untuk memakai bahasa yang baku dan profesional.
Sebaiknya hindari penggunaan kata slang, singkatan, atau bahasa yang belum
tentu dimengerti semua orang.
d.
Hindari kesan sarkasme Jangan sekali-sekali memberikan
pernyataan yang terkesan sarkasme dalam e-mail. Selain maksud pesan Anda
mungkin tidak sampai ke penerima, tapi e-mail seperti ini bisa menimbulkan
masalah yang berkepanjangan.
e.
Seandainya Anda punya masalah yang ingin disampaikan ke
seseorang, lebih baik katakan langsung agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Bedakan e-mail kantor dan pribadi Sebaiknya bedakan e-mail kantor dan pribadi.
4. Bandingkan
tujuan penggunaan serta kelebihan dan kekurangan email dan forum .
Jawab :
Email : berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau
pesan melalui jaringan Internet.
Kelebihan dan kekurangan email :
1.
Cepat ( sangat cepat ) karena hanya perlu beberapa menit (
ketik dan send ).
2.
Mudah ( karena kita cukup mengetik di komputer ).
3.
Multiple send ( dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus
).
4.
Dapat mengirim file ( attactment seperti file doc, excel,
mp3, gambar, video dan lain-lain ).
5.
Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada perbedaan lokasi
dan waktu ).
Kekurangan Menggunakan E-mail :
1.
Harus online ( connect
ke internet ).
2.
Text dan gambar
only yang dapat dikirim ( tidak bisa kirim paket / barang ).
3.
Tidak connect
internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau
belum
4.
Harus ingat
username dan password.
5.
Ladang virus juga
bagi yang tidak mengerti.
Forum : Sebagai sarana diskusi
dengan banyak orang yang tertata rapi
Kelebihan Forum :
1.
Kita bisa bediskusi membicarakan sesuatu dengan orang lain
2.
Forum diskusi sering kali dapat membantu menyelesaikan
masalah
3.
Membentuk kebersamaan antara sesama anggota forum
4.
Memberikan banyak kemudahan karena jangkauannya yang luas.
Kekurangan Forum :
1.
Karena komunikasi dilakukan secara maya maka memungkinkan
terjadi penipuan.
2.
Pihak yang saling berdiskusi nisa saja bukan pihak yang
sebenarnya
Izin copas ya buat tugas adik saya, terimakasih :)
BalasHapusHai 2017
HapusJadi keinget pas belum ada covid😭
HapusGood 👌👌👌👌
BalasHapusMakasih ya jawabannya dan soalnya sama jadi gak perlu nyari²lagi
BalasHapus